Kamis, 03 November 2011

Krabi & Phi2 Island Tour (About Thailand - Thailand Travel)

        Perjalanan ini saya lakukan setelah saya mengunjungi Phuket. Krabi adalah salah satu propinsi di negara Thailand, dengan ibukotanya Krabi Town. Letaknya disebelah Timur Phuket. Perjalanan ke Krabi saya lakukan dengan jalan darat dari Phuket, jjika melalui darat maka kita harus melewati propinsi Panga sebelum kita tiba di Krabi. Jika kita berangkat dari Indonesia, sampai saat ini blm ada penerbangan langsung ke Krabi. Jika dari Jakarta, kita sebaiknya melalui Phuket atau Kuala Lumpur, dari Phuket bisa melanjutkan perjalanan darat atau laut, sedangkan dari KL bisa dengan pesawat udara atau dengan jalan darat. tetapi dengan jalan darat akan membuang waktu yg sangat banyak karena perjalanan akan lebih dari 12 jam. Krabi mulai banyak dikenal orang dan naik pamornya sebagai tujuan wisata setelah peluncuran film The Beach yang dibintangi oleh Leonardo Di Caprio, karena shooting film ini dilakukan di Krabi, khususnya Maya Bay, teluk yang sangat indah itu.
         Perjalanan ke Krabi dengan jalan darat dapat dengan van atau bis, tetapi apabila anda ingin santai saya menyarankan sebaiknya menggunakan van karena dengan van kita akan dijeput di hotel dan diantar ke hotel tempat tujuan kita di Krabi, jadi tdk repot, berbeda kalau kita naik bis, karena harus menyambung kendaraan 3 kali, kecuali kalau anda memang ingin berpetualang ke Phuket Town & Krabi Town terlebih dahulu.  Jika kita berangkat dengan van, maka sebagian besar atau seluruh penumpangnya adalah wisatawan mancanegara,  tetapi jika menggunakan bis, sebagian besar penumpang adalah penduduk lokal. Tujuan saya di Krabi adalah pantai Ao Nang. Perjalanan ini tdk lebih dari 4 jam dan harga tiket yang saya bayar adalah 350 baht (Rp. 100 rb), sepanjang perjalanan kita disuguhi oleh pemandangan yang indah dari gugusan bukit2 kapur yang menjulang tinggi, perjalanan 4 jam menjadi tidak terasa. Sebelum memasuki Krabi Town, van akan berbelok langsung ke Pantai Ao Nang, pantai ini berada 15 km dari Krabi Town. Sebelum mencapai Pantai Aonang, kita lebih dahulu melewati Pantai Norraparatharat. Pantai ini sangat tenang & relatif sepi, tapi tetap merupakan pantai yang indah. Saya tiba petang hari di tempat ini, suasananya sangat indah, tenang & dengan udara yang mulai sejuk. Saya melihat jalanan yang bersih dan rapi, dengan dikiri kanannya penuh dengan pepohonan dan juga taman2 yang luas,  sangat asri tempat ini. Tidak lama kemudian van membelok ke kiri  memasuki area halaman hotel. Persis seperti dugaan & harapan saya, hotel ini berbeda dengan hotel pada umumnya. Setelah turun dari van, sayapun memasuki tangga menuju le lobby hotel.

Pantai Norraparatharat dengan jalannya yg sangat bersih dan rapi


Saya menginap di Ayodhaya Suites Resort & Spa yang letaknya di pantai Norraparatharat. Pantai ini hanya berjarak 2 km dari Pantai Ao nang. Hotel ini sangat indah & unik, arsitekturnya menyerupai kuil/temple. Saya memang mencari hotel yang seperti ini, sangat kelihatan warna Thailandnya...,  tdk seperti hotel2 pada umumnya. Staf2 hotelnya sangat ramah, setelah menunjukkan voucher hotel yang telah saya print ketika masih di Indonesia beserta pasport saya, sayapun langsung diantar ke kemar saya. Sangat cepat dan nyaman pelayanannya, sesaat sebelum saya diantar ke kamar, resepsionisnya menawarkan pada saya untuk breakfast besok pagi dengan harga special. Hotel ini saya booking online dengan harga Rp. 140.000./malam. Hahhh..... ??? :). Kamar hotelnya luas dengan lantai parquet dan menghadap ke kolam renang. Hotel ini memiliki 2 buah kolam renang  yang indah dan cukup besar.

Ayodhaya Suites Resort & Spa


Malam harinya saya berjalan2 ke Ao Nang, untuk makan malam & menikmati suasana Ao nang di waktu malam. Ao Nang adalah sebuah pantai/teluk yg indah, disepanjang pantai banyak sekali hotel2, restaurant & toko2 souvenir serta kantor2 travel agent. Tempat ini ramai tetapi suasananya sangat tenang & sangat menyenangkan, tidak seperti Phuket, khususnya Bangla Road yang hingar bingar.... Sangat menyenangkan bisa menikmati udara terbuka dimalam hari dengan suasana yg terang & indah walau hanya bercengkrama, ngobrol dengan teman sambil menikmati makanan & minuman di salah satu cafe di tempat ini. Harga2 di tempat ini tdk lebih mahal dari di Phuket. Sebenarnya Ao nang ini mirip Patong, tetapi dengan  versi yang jauh lebih tenang & belum dijejali oleh bangunan2 hotel yg menjulang tinggi.Setelah makan malam di salah satu cafe, saya membeli tiket untuk tour keesokan harinya. Banyak sekali paket tour yang disajikan, tetapi karena terbatasnya waktu, maka saya memilih tour yang paling menarik buat saya, yaitu tour ke Phi2 Island, harganya 1000 baht (Rp. 285 rb). include lunch, snack, minuman & buah2an serta peralatan snorkling. Penjualnya seorang wanita Thailand yang sangat ramah. Tour2 lainnya meliputi, tour ke James Bond Island, tour 4 pulau, dll. Ketika dalam perjalanan pulang dari Ao nang ke hotel, saya  melewati sebuah tempat yang menyediakan jasa Thai massage. Karena sudah 3 hari melakukan perjalanan, kaki juga sdh sedikit pegal sayapun mencoba Thai massage di tempat ini. Ruangannya harum aroma rempah2, udaranya sangat sejuk, saya hampir ketiduran waktu dipijat. Mantabsss...., biayanya 200 baht (Rp. 57 rb).

Breakfast di Ayodhya Suites Resort & Spa


      Esok paginya, setelah sarapan pagi, saya menunggu jeputan di lobby hotel, pagi ini saya sarapan di hotel, menunya lumayan enak, Asian food buffet. Karena hotel yg saya pesan exclude breakfast, saya hrs membayar utk breakfast, harganya  hanya 120 baht (Rp. 34 rb)... murah banget kan....? Hari gini..., dimana sih yg bisa breakfast buffet di hotel hanya dgn Rp 34 rb ? :), (terakhir kali ambil breakfast  di Bali harganya Rp. 125 rb/org).... wkwkwkwk...... :)




Lobby Ayodhaya Suites & Spa Hotel

Tidak lama menunggu, jeputan pun datang, kendaraannya adalah sejenis mobil pick up yang dimodifikasi menjadi mobil penumpang, kondisinya alakadarnya tapi lucu.... he...he.....he..... :). Hanya 5 menit dari hotel, kami diantar ke pelabuhan boat, disini telah berkumpul bayak sekali wisatawan yg akan berangkat, setelah diberi pengarahan oleh tour leader, kamipun berangkat, oh ya, disini penjelasan dibagi 2 kelompok, yg berbahasa Thai dan bahasa Inggris karena peserta tour ini berasal dari berbagai bangsa. Tujuan pertama dari tour ini adalah Bamboo Island, tetapi sebelum ke Bamboo Island, boat singgah sebentar ke pantai Railey karena ada beberapa wisatawan yg berangkat dari pantai ini, pantai ini sangat indah dengan latar belakang bukit kapur yg menjulang tinggi, besar & kokoh..... sangat menakjubkan....

Railey Beach


Setelah 25 menit perjalanan, kamipun tiba ditujuan pertama dari tour ini, yaitu Bamboo Island. Ini adalah pulau kecil berpasir putih...., cukup indah.... disini kita dapat berenang & snorkling. Singgah dsini selama 45 menit.

Bamboo Island

Setelah dari Bamboo Island perjalanan dlanjutkan, setelah lebih kurang 10 menit perjalanan, boat memasuki celah yg agak sempit dan semua boat berjalan lambat, di tempat ini sdh banyak sekali boat yg berjalan tenang & sangat lambat & beberapa diantaranya berhenti di tempat ini. Banyak wisatawan yg turun ke dalam air untuk berenang & snorkling, pemandangan di tempat ini sangat indah & suasananya sangat tenang, tiba2 saja kita sudah berada di tengah2 laut yg berwarna hijau tosca & dikelilingi oleh bukit2 kapur yang menjulang tinggi..... sangat indah...... tempat ini adalah Pileh Bay.. Di dekat sini boat berhenti & kita dapat turun untuk berenang & snorkeling.

Pileh Bay


Setelah melalui Pileh Bay, boat bergerak lagi menuju tujuan berikutnya, tidak lebih 10 menit kami sudah berada di Viking Cafe. Ini adalah gua dimana di depan gua tsb terdapat bangkai kapal yang dipercaya sebagai kapal orang Viking yg ratusan tahun lalu mengunjungi & terdampar di pulau ini.

Viking Cave


Setelah dari Viking Cave, boat meluncur lagi, kali ini menuju Phi2 Don, yaitu pulau terbesar diantara seluruh pulau yang ada di kepulauan Phi2 Island ini. Kami tiba di pelabuhan Phi2 Don yang sangat indah untuk makan siang. Turun dari boat makanan telah tersedia di restaurant yang terletak di tepi pantai,  di depan boat2 berlabuh. Makanannya berbagai macam, diantaranya  ada ayam asam manis dengan nenas yg sangat segar rasanya dan sdh pasti menyediakan tom yam. Disini kita dapat makan dan minum sepuasnya karena 'all you can eat" hmmmm.... :). Makanannya enak dan ditambah suasana & pemandangan indah di depan mata, pantai yang indah dengan boat2 cantik yg berlabuh dengan latar belakang warna air laut yang hijau tosca dan  bukit2 kapur yang menjulang tinggi.... sangat indah..... :)




Setelah makan siang, kita diberi waktu untuk berjalan2 disekitar pulau ini, disepanjang pantai ini banyak sekali terdapat toko2 souvenir yang menjual cendera mata. Setelah satu jam lebih di tempat ini perjalanan dilanjutkan, kali ini boat menuju suatu tempat di dekat sebuah pulau, disini boat berhenti dan kita dapat berenang dan snorkling. Banyak sekali ikan kecil yang cantik bergaris2 kuning di tempat ini. Kita dapat juga melemparkan potongan2 roti ke air laut & dalam sekejap mata puluhan ikan2 kecil yang cantik ini segera berebut roti tsb. sangat indah & menyenangkan. Salah satu ikan tsb sempat menggigit lengan saya akibat roti yg dilempar tepat berada di lengan saya, rasanya seperti ditusuk jarum kecil.... :). Setelah satu jam berenang & snorkling di tempat ini, kami naik ke atas boat dan dihidangkan buah2an kue2 kecil dan minuman.... hmmmmm segar sekali....... :). Hanya ada satu hal yang belum kesampaian, karena ombak yg agak keras, maka boat tdk dapat berlabuh di Maya Bay, kami hanya bisa melihatnya dari laut & mengambil foto, tapi sudah sempat melihat keindahan Maya Bay...... Ini adalah pertanda bahwa saya akan kembali lagi ke tempat ini......... :)

Maya Bay

Boat berjalan kembali & setelah mengunjungi sebuah pulau, kamipun pulang ke Ao nang. Sebelum ke Ao Nang boat kembali singgah di pantai Railey untuk menurunkan penumpang yg tadi dijemput disini, ternyata mereka menginap di pantai ini.... hmmmm...., suatu kali saya akan menginap disini....  Boat tiba kembali di Ao Nang sekitar jam 4 sore, setelah  turun dari boat, mobil yg menjemput kami tadi sudah menunggu di pelabuhan dan kami diantar masing2 ke hotel tempat kami menginap. Setiba di hotel saya langsung mandi karena tubuh saya agak lengket karena air laut dan langsung  beristirahat. Malamnya saya berencana mencoba makanan di tepi jalan yang  semalam saya lihat di Ao Nang. Saya mencoba beberapa makanan halal di tempat ini, penjualnya adalah orang Thailand muslim, umumnya mereka memakai kerudung, letaknya di depan Information Centre Ao Nang. Rasanya lumayan enak. Saat saya makan disana, saya bertemu dengan wisatawan berbagai bangsa disana. Ada sepasang suami istri dari Spanyol, ada beberapa turis bule lainnya dan ada turis Jepang dan Hongkong..... ah ternyata bukan orang Indonesia saja yg doyan makan di kaki lima..... :) wkwkkwwk......... Malam ini saya tidur sangat pulas karena kegiatan hari ini selain menyenangkan juga cukup melelahkan..... Besok saya akan melanjutkan wisata saya ke Hadyai, kota paling Selatan dari negara Thailand ini yang berbatasan dengan Malaysia. Tiket sudah saya beli tadi sehabis makan malam, harganya 350 baht (Rp.100 rb).
Pagi harinya saya bangun agak siang, kemudian sarapan pagi di hotel dan dilanjutkan dengan berenang di kolam renang hotel. Setelah mandi dan berkemas, sayapun check out di lobby hotel & menunggu van yang akan membawa saya ke Hadyai. Sekitar jam 11 siang van datang menjemput saya dan perjalanan ke Hadyaipun dimulai.



Pengeluaran selama di krabi :
- Makan malam hari ke-3                  :    Rp   40.000.
- Thai massage                                  :    Rp    57.000.
- Tour Phi2 Island                             :    Rp. 285.000.
- Sarapan pagi hari ke-4                   :     Rp.   34.000.
- Makan Malam hari ke-4                :     Rp.   20.000.
- Tiket Van ke Hadyai                       :     Rp. 100.000.
-Sarapan pagi di krabi hari ke -5        :    Rp.   34.000.
                     ------------------------------------------
Total                                                  :     Rp.  570.000.










Tidak ada komentar:

Poskan Komentar