Jumat, 04 November 2011

Shopping & Wisata Kuliner di Hadyai (About Thailand - Thailand Travel)

Perjalanan ke Hadyai ini merupakan lanjutan perjalanan saya sebelumnya ke Phuket & Krabi. Perjalanan dari Krabi ke Hadyai memakan waktu selama 5 jam dengan sekali perhentian selama 20 menit di Patallung. Jalanan di Thailand Selatan ini walaupun tidak begitu lebar, tetapi umumnya sangat mulus. Saya dijeput di hotel dan setelah menjemput beberapa penumpang lainnya, van pun meluncur menuju Hadyai.  Kali ini teman seperjalanan saya sebagian besar adalah warga lokal. Sepertinya  ini dikarenakan saya berangkat agak siang , biasanya wisatawan memilih yang berangkat pagi. Tapi warga2 lokal teman seperjalanan saya ini cukup menyenangkan dan ramah, diantaranya adalah sekeluarga yg terdiri dari nenek anak & cucu, dari pakaiannya  sepertinya mereka adalah warga muslim Thai.  Setelah lebih 2 jam perjalanan, van berhenti di  depan sebuah rumah makan, tempat ini ternyata bernama  Patallung. Disini para penumpang dapat mengisi perut & berbelanja. Tempat ini bukan hanya sekedar rumah makan, tetapi juga memiliki mini market & toko souvenir. Halaman tempat ini sangat luas & menyediakan toilet & kamar mandi yang sangat banyak & sangat  bersih dengan air mengalir yang deras. Diantara rumah makan dan toilet ada ruang duduk yang sangat luas dan nyaman, kita dapat duduk atau bersantai disana sambill membaca  buku, menunggu van berangkat kembali, sungguh rest area yang menyenangkan.

Rest Area-Patallung

Saya tiba di Hadyai sudah agak sore dan langsung diantar ke hotel. Kali ini saya menginap di Lee Garden Plaza Hotel. Hotel ini letaknya tepat di jantung wisata kota Hadyai. Hotel ini merupakan bangunan berlantai 26 yang bergabung dengan sebuah mall. Hotel Lee Garden Plaza ini sendiri lobbynya berada di lantai 10 dan kamar2 hotelnya berada di lantai 11 sampai dengan 26, sedangkan lantai 1-9 adalah mall &  ruang pertemuan. Ruangan bagian depan dari mall ini ditempati Mc Donald & KFC masing2 dikiri dan kanan pintu masuk.

Mc Donald @Lee Garden Plaza Hotel & Mall


Saya check in di lantai 10 dan tidak lama kemudian diantar ke kamar saya yang berada di lantai 18. Untuk hotel ini saya tidak melakukan reservasi terlebih dahulu, langsung go show, harga kamarnya adalah 1200 baht/malam (Rp. 340 rb). Di hotel ini saya harus menyerahkan pasport saya  untuk disimpan di resepsionis. Selama perjalalan, baru hotel ini menerapkan hal seperti ini, tetapi bagi saya tidak masalah, itung2 mereka membantu menjaga pasport saya selama saya berada di kota ini. Hotel ini memiliki view yang bagus karena dari kamar hotel ini kita dapat memandang seluruh kota Hadyai.

Pemandangan kota Hadyai dari Lee Garden Plaza Hotel

Setelah istirahat sebentar & mandi, sayapun turun ke bawah untuk makan malam. Saya sudah mengetahui sebelumnya kalau disekitar hotel ini banyak sekali penjual makanan, karena ini adalah kali kedua saya mengunjungi kota ini. Disekeliling hotel ini dipenuhi oleh penjual makanan & sebagian besar adalah pedagang kaki lima, tetapi walaupun di kaki lima, semuanya kelihatan rapi & bersih. Tersedia makanan Thailand, Chinese maupun Melayu. Banyak sekali pedagang yang memakai kerudung disini, ini menandakan bahwa mereka adalah Thailand muslim. Memang sebagian penduduk di bagian Selatan Thailand adalah muslim.  Saya memilih makan di  warung2 tenda yang berada disisi kanan hotel, sayapun mencoba Wan Tan Mee yang kelihatannya enak & mencoba minuman khas Hadyai berupa semacam es campur yang berisi berbagai campuran dan jenis kacang2an yang mempunyai warna yang sangat menarik. Harga umumnya 50 baht/porsi (Rp. 14 rb/). Khusus untuk Hadyai, ada sesuatu hal yang sedikit berbeda dengan kota2 lainnya di Thailand. Disini bahasa kedua yang berlaku adalah bahasa Mandarin, banyak sekali orang2 berbahasa Mandarin di tempat ini. Setelah menuntaskan wan tan mee, sayapun ber-jalan di depan hotel,  mata saya berhenti pada  sebuah tenda yang menjual ketan mangga, penjualnya seorang wanita yang memakai kerudung. Makanan ini sudah saya kenal sejak ke Bangkok beberapa bulan lalu, walaupun saya belum mencoba mencicipinya karena saya berfikir : ketan+mangga...???? Koq ga' nyambung ya.... ??? :) Setelah membelinya dengan harga 50 baht (Rp 14 rb), sayapun mencicipinya, ternyata bukan hanya rasa mangganya saja yang istimewa tetapi ketannyapun sangat lezat, gurih.... Pantesan makanan ini terkenal di seluruh Thailand.....  Di kota ini saya menyempatkan diri untuk shopping dan membeli beberapa souvenir. Sebenarnya kota Hadyai ini tidak ada apa2nya dan dapat dikatakan tidak ada yang istimewa disini, kota ini hanyalah kota transit karena tepat di perbatasan negara Thailand dan malaysia, tetapi saya sendiri merasa senang dengan kota ini, khususnya kalau berada disekitar Lee Garden Plaza Hotel, suasananya hidup dan menyenangkan dan banyak sekali pedagang makanan sekeliling hotel ini yang buka sampai lewat tengah malam.  Hampir jam 1 dini hari  saya keluar lagi dari kamar hotel karena lapar & turun ke bawah untuk mencari makanan. Lewat tengah malam begini, duduk nongkrong sambil makan.... menyaksikan orang yang lalu lalang memang mengasyikkan...... :). Untuk kota Hadyai, kita tidak perlu ke-mana2, cukup berada di sekitar Lee Garden Plaza hotel...., semua yg kita butuhkan ada disini.... baik makanan, belanja, massage, dll.
Sebelum meninggalkan hotel untuk makan malam tadi, kepada petugas resepsionis di lobby hotel saya sudah memesan van untuk berangkat ke Penang besok hari, hotel ini juga menyediakan jasa pelayanan pemesanan tiket van,  harganya ternyata sama 350 baht (Rp. 100 rb). Besok paginya saya saparan pagi di restaurant hotel ini, harga hotel yang saya bayar kemarin include breakfast. Restaurant hotel ini berada pada lantai 10, tepat di depan lobby hotel. Restaurantnya sagat luas, dapat memuat 500 ratus orang sekaligus, dilihat dari meja2 bundar yang besar, restaurant ini seperti chinesse restaurant. Makanannya lumayan enak dan banyak pilihan makanan (buffet). Disini saya melihat bahwa sebagian besar wisatawan di tempat ini ternyata berasal dari Asia Timur, khususnya Hongkong, Taiwan & China, wajarlah kalau bahasa kedua di kota ini adalah bahasa Mandarin..... :). Setelah sarapan pagi, saya segera ke  Kim Yong Market untuk membeli beberapa souvenir karena siang ini saya akan meninggalkan kota ini dan melanjutkan perjalanan ke Penang.

Lobby & Restaurant Lee Garden Plaza Hotel

Pengeluaran Selama di Hadyai :
- Makan Siang hari ke-5 di perjalanan   : Rp   20.000.
- Hotel Lee garden Plaza Hadyai            : Rp  340.000.
- Makan malam hari ke-5                          : Rp    57.000.
- Tiket van ke Penang                               : Rp 100.000.
- Tuk2 Hotel - Kim Yong Market pp       : Rp.   23.000.
----------------------------------------------------------------------
Total                                                             : Rp. 540.000.



1 komentar: